RSS

Masjid: Tempat Ngabuburit Paling Irit


Ngabuburit saat Bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat ditunggu- tunggu oleh semua masyarakat. Dari yang uda hingga yang tua, dari yang pemuda hingga pemudi, dari jomblowan hingga jomblowati. Mereka juga tak mau ketinggalan tempat- tempat ngabuburit yang sangat cocok dan pas untuk mereka nikmati. Mulai dari alun- alun kota, pasar, mall, warnet dan pusat jajanan kota sudah menjadi tempat yang seru bagi mereka. Apalagi ditambah dengan pertunjukan- pertunjukan yang seru ataupun pameran jajanan takjil untuk persiapan berbuka puasa.


Ngabuburit di masjid bagiku juga tak kalah pentingnya dan kuanggap ngabuburit yang paling irit. Tapi hanya ada sedikit perbedaan ngabuburitku dengan kebiasaan orang lain. Ngabuburitku selama Bulan Ramadhan hanya kuhabiskan dengan membaca Al Qur’an saja. Karena sudah tertanam dalam jiwaku kalau ramadhan tahun ini aku harus bisa menghatamkan Al Qur’an 30 Juz. Ngabuburitku tak hanya sendirian. Banyak anak- anak santri yang menghabiskan ngabuburit mereka dengan membaca Al Qur’an di Masjid. Kata mereka itung- itung biar lupa kalau lagi puasa hingga adzan Maghrib berkumandang. Dan yang paling penting bisa meramaikan acara buka bersama dengan umat islam yang lain.


Walau kata sebagian orang “ngabuburit kok di Masjid”, aku tak pernah berkecil hati. Malahan aku bisa mendapatkan kenikmatan yang tiada tara bisa menanti waktu berbuka puasa dengan banyak ibadah kepada Allah SWT di Masjid. Aku masih teringat nasehat Rasul dalam sebuah Hadistnya. Bahwa salah satu kriteria orang yang akan mendapatkan naungan di hari kiamat kala tiada naungan kecuali naungan-Nya adalah pemuda yang hatinya selalu terpaut di Masjid.


Semoga ngabuburitku selama ini mendapatkan keberkhan dari Allah SWT. Dan semoga suatu saat nanti Masjid bisa ramai oleh umat islam yang akan ngabuburit. Mereka bisa menghadiri kajian ataupun menghatamkan Al Qur’an. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin.


Bumi Ilmu, 2011

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar